Minggu, 17 Oktober 2010

4. Lokasi dan Target Pasar

Saya banyak melihat atau mendengar nada ketidakpercayaan pada temen2 saya yang nanya ttg bisnis keluarga saya. FYI, usaha keluarga saya di bidang jasa ticketing kapal laut gitu deh, taun depan baru nambah ke pesawat udara.
Pas temen2 saya nanya dan saya jawab, rata2 komentarnya:
“Emang masih laku ya bisnis itu?”
“Kok gak buka di tempat yang lebih strategis sih? Di rumahmu itu kan mencit. Mendingan buka di xxxx aja..” (mencit?? bahasa buat tempat yg jauuuh dan pinggir). Dan berbagai pertanyaan dengan nada agak kurang percaya gitu deh :roll: Uuhh, kl gak laku mana bisa buat biayain gue di BiNus, mana bisa buat beli rumah dan mobil baru!

Sebenernya saya capek loh denger pertanyaan2 dan ketidakpercayaan seperti itu. Capek harus menjelaskan berbagai hal di dalamnya. Tapi ya mo gimana lagi, gak semua orang paham sama dunia usaha dan pemasarannya gitu. Tapi kalo dia itu anak ekonomi manajemen, atau seperti saya (sistem informasi or manajemen informatika) msh juga nanya gitu, arrrggghh saya kesal!
Apa mereka gak pernah dpt mata kuliah yg namanya manajemen pemasaran dan manajemen produksi seh?! Biarpun dulu kuliah saya sering bolos, tp kl ada hal-hal yg berhubungan dgn implementasi nyata saya selalu nyantol :)

Kalo di manajemen pemasaran, setiap bisnis itu membutuhkan yang namanya pengenalan pasar. Jadi, kenalilah target pasar Anda! Baru dapat menentukan langkah-langkah pemasaran yang efektif dan efisien.

Kalo di manajemen produksi, ada yang namanya strategi penentuan lokasi. Ada faktor2 yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi usaha. Di antaranya letak lokasi dgn bahan baku (sumber), transportasi, juga (tetep) target pasarnya (jika lokasi juga sbg tempat pemasaran)! (dan lain-lainnya saya lupa :p).

Yah saya rasa sih intinya tetep: kenalilah target pasar Anda! Kenapa kami bisa berhasil di daerah yg menurut banyak orang itu di pinggir, kurang keren, dsb, tapi tetap bisa berhasil? Ya salah satunya karena hal-hal di atas. Pasar untuk sebuah agen tiket kapal, sebagian besar dari golongan masyarakat ekonomi menengah dan ke bawah. Umumnya mereka juga nyarinya pasti di tempat2 yang gak jauh dr terminal, ataupun pelabuhan. Nah, rumah (kantor) saya cuma bbrp kilometer dr pelabuhan maupun terminal bus, maupun stasiun KA. (kl dr airport sih juauh). Kalo saya buka kantor tunggal di mall, ya malah susah donk!

Trus pertanyaan: “emang laku bisnis itu?”. Sekali lagi, target pasar! Semua ada pasarnya masing2. Bagi org yg kurang berpikiran terbuka, tentu lahan2 bisnis yg kurang ngetop sudah pasti gak dilirik. Buat jadi entrepreneur ya kita harus berpikiran terbuka dan pintar2 baca peluang usaha. Tapi walau udah nemu peluang, gak bisa jg langsung PD buka usaha. Banyak langkah yg harus dilalui, salah satunya ya dengan benar2 mengetahui kondisi pasarnya dulu. Tanpa pengetahuan tentang itu, strategi yang kita siapkan gak akan bisa maksimal! Ya jelaslah, kita kan gak tau kemana aja bisa jual, gimana cara promosiin, dsb..

Soal usaha keluarga saya, seperti yg sudah saya bilang, customer di bisnis ini adalah golongan ekonomi menengah atau ke bawah. Jangan samaratakan bahwa semua penduduk Indonesia ini sudah mampu buat beli tiket pesawat (meski harganya skrg relatif murah), juga jangan berpikir semua orang berani menghadapi ketinggian di udara. Selain itu, gak semua daerah yg ingin dituju oleh para penumpang kapal itu punya lapangan udara. Misalnya aja daerah2 di Kalimantan spt Kumai, Sampit, dll. Tau sendiri kan kalo Kalimantan tuh msh banyak sungai2. Kl naek pesawat mereka malah lebih repot krn dr kota harus menuju ke daerah tujuan itu lebih ribet (mungkin sih). Rata2 mereka tuh bawaannya seabrek2. Kl naek pesawat mgkn costnya sama kayak tiket satu manusia lagi. Kl naek kapal, asal bisa bawa sendiri sih setau saya gak kena biaya tambahan deh..

Ngomong2 soal lokasi, rumah saya di daerah Barito (yg utara). Org Semarang (non businessman) yg denger pasti agak memandang sebelah mata sama daerah ini. Memang sih sebagian besar penduduk di sini tingkat pendidikannya rendah, apalagi yg di perkampungannya, tp banyak yg sukses di usaha menengah (yg punya usaha di jalan rayanya). Bahkan waktu itu di sebuah media disebutkan tingkat perputaran uang di daerah ini cukup tinggi, sehari aja bisa mencapai ratusan juta rupiah. Itu kan data bbrp tahun lalu, tp menurut saya bisa saja sampe 1 milyaran lbh. Transaksi ticketing aja sehari bisa puluhan juta, apalagi yg pd punya usaha besi2/logam atau kayu, pasti lebih gedhe donk.

FYI, Jalan Barito itu di Semarang Timur, memanjang dari utara ke selatan. Ujungnya dr Kaligawe sampe Majapahit, yg kira2 5km. Di kanan kiri jalannya banyak toko2/kios kecil atau tempat usaha (yg terkesan semrawut) di sepanjang jalan itu.

Dulu saya sempet malu kl ditanya tinggal dimana. Tp skrg sih cuek aja (sambil bilang dalam hati: “blom tau dia..!”). But sempet seneng jg kl ada yg ngerti kl daerah ini memang lahan bisnis, kayak klien saya di ABS dulu, yg udah tua, dia pernah ditugasin di Smg, pas nanya saya tinggal dimana, trus dia bilang “wah hebat donk, pasti rumahnya dimana2 ada nih.” Halah Pak…dimana2 gimana :roll:

Balik lagi ke topik soal penentuan lokasi dan pemasaran, selaen karena lokasi saya gak jauh bgt dengan pasarnya, juga karena sistem pemasaran sini yang tidak menargetkan tinggi untuk pembeli langsung. Kalo orang dagang sih namanya borongan kali. Jd pelanggan2 kami yg utama ya para calo dan biro jasa or sub agen yg ngambil tiket dalam jumlah besar.

Oh iya, saya juga sebelumnya sempat belajar dari mantan (eh udah mantan blm ya?) kekasih saya yg kmrn. Kebetulan dia punya bbrp usaha jualan produk. Dulu saya sering nanya, knapa sih dia pilih lokasi di tempat sepi begitu, mana ada yg dateng mo beli. Dia trus jelasin soal lokasi dan target pasar juga. Pasar kita gimana, mo yang pelanggan eceran, apa sistem yg namanya agen or borongan gitu. Kalo targetnya adalah pembeli eceran, ya cari lokasi yang maksimal. Misalnya mo buka toko baju, ya di pusat perbelanjaan yg strategis, deket sama calon pembeli2 eceran gitu. Trus bikin display dan interior tempat semenarik mungkin. Tapi kalo targetnya adalah org2 yg mau jadi agen, or beli borongan yg butuh barang dikirim ke lokasi, ya kita bisa aja buka di tempat2 yg biasa aja, asal dengan cara promosi yang tepat. Misalnya pasang iklan di media peluang usaha, bikin situs webnya yg lengkap ttg tata cara jadi agennya, dsb.

Jadi sodara-sodari, penentuan lokasi dan strategi pemasaran itu memang sangat erat hubungannya! Hmmm saya tau saya memang blom banyak ngerti soal bisnis2an. Jadi kalo ada hal-hal di atas yg salah, tolong yg lebih ngerti bisa mengoreksi yah… :) Juga, saya masih harus banyak belajar soal stategi agar tetap survive di saat banyak usaha sejenis bermunculan.. :roll:

http://blog.faniez.net/2006/09/18/lokasi-dan-target-pasar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar