Minggu, 17 Oktober 2010

2. 5 Strategi Promosi Online Untuk Pembisnis Online Pemula

Sering ada yang bertanya, bagaimana cara efektif promosi secara online?

Bagi pebisnis online maupun pebisnis offline, promosi sudah pasti suatu keharusan. Dengan promosi diharapkan produk dikenal kemudian menghasilkan penjualan tinggi, dan konsumen datang berkali-kali pada anda.

Di online, melakukan promosi ada cara gratis dan ada yang berbayar. Namun bukan itu yang hendak saya bahas sekarang, melainkan strategi melakukan promosi online.

Bagaimana?

1. Jaring dari pelanggan anda. Kalau anda sebelumnya sudah pernah bisnis, anda pasti sudah punya pelanggan. Begitu anda mulai berbisnis online, kabarkan pada pelanggan anda tentang bisnis online anda itu. Ingat, sumber daya terbaik anda adalah para pelanggan anda.
Dengan menghubungi orang-orang yang sudah anda kenal, merupakan cara termudah dan ekonomis untuk membuat bisnis online pertama anda semakin kokoh.
Kalau anda sebelumnya belum pernah berbisnis, anda bisa jaring dari orang-orang yang anda kenal. Dari orang-orang di sekitar anda. Saat itu, mungkin ada orang yang akan meremehkan atau melemahkan semangat anda. Tapi anda tidak boleh mundur. Sebab anda akan buktikan kedahsyatan bisnis online itu. Seperti kutipan di Formula Bisnis Reviews: Masa depan adalah milik orang-orang yang melihat peluang sebelum peluang ini terlihat begitu jelas.
2. Keep contact. Bangun hubungan baik dengan para pelanggan anda. Buat anda selalu terhubungan dengan para konsumen anda. Mengirimkan newsletter blog terbaru dan membuat halaman di Facebook adalah cara yang baik membuat anda selalu terhubung dengan pelanggan.
3. Jaring prospek baru. menjaring prospek baru sudah tentu suatu keharusan dalam bisnis. Anda pasang iklan, arahkan ke website yang memiliki squeeze page (kotak penjaring kontak email). Selanjutnya anda bisa lakukan atau dekati prospek berulang-ulang. Lebih lengkap tentang building list ini saya terangkan di Formula Bisnis.
4. Dorong produk laris anda. Kalau anda punya beberapa produk, lihat produk apa yang paling laris. Dorong produk tersebut untuk lebih maju lagi. Jangan ragu sisihkan dana untuk berpromosi. Jadikan produk anda yang terbaik di niche anda.
5. Punya website yang efektif. Punya situs web yang terpenting bukan indahnya, tapi efektifnya. Ukurannya sederhana: sejauh mana situs web yang sudah anda buat mampu menghasilkan penjualan.
Kalau belum, lihat apakah situs web anda cepat diakses. Kedua, isinya jelas. Jelas apa yang anda jual, jelas bagaimana cara menghubungi anda. Sudah tentu alamat email, YM, atau nomor telepon wajib terpampang.
Pajang penghargaan dan tampilkan testimoni. Ini akan membangun kredibilitas bisnis dan kepercayaan bisnis untuk bisnis online anda.

http://www.jokosusilo.com/2010/02/02/5-strategi-promosi-online-untuk-pebisnis-online-pemula/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar